Iklan

Wednesday, November 28, 2012

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk melakukan komunikasi data dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (kabel atau nirkabel), sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi informasi, data, program-program, dan penggunaan perangkat keras secara bersama. Dalam hal ini komunikasi data yang bisa dilakukan melalui jaringan komputer dapat berupa data teks, gambar, video dan suara. Berikut adalah contoh jaringan komputer yang paling sederhana:
jaringan komputer sederhana
Jaringan komputer sederhana

Beberapa manfaat dan tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah:
  • Sharing Resource
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, dan khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. Contohnya adalah pemakaian printer secara bersama-sama (printer sharing).
  • Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna yang jaraknya saling berjauhan. Komunikasi ini dapat mengirimkan informasi dalam bentuk gambar, suara, text yang sering disebut dengan teleconference atau suara saja (VOIP)
  • Integrasi data
Dengan jaringan komputer proses pengolahan data tidak hams dilakukan pada satu komputer saja, tetapi dapat dilakukan di komputer-komputer yang lain. Oleh karena itu akan dapat terbentuk data yang terintegrasi sehingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat. Contohnya adalah program database yang bersifat client-server.
  • Hiburan
Jaringan komputer dapat memberikan sarana hiburan bagi manusia. Contohnya adalah chatting, game online, dll.
  • Efisien (hemat) waktu, tenaga dan Informasi yang terkini.
Jaringan komputer yang dapat mengintegrasikan data, komunikasi pengguna jarak jauh, berbagi data, tentunya akan dapat menghemat waktu dalam pencarian data dan data yang dihasilkan adalah data terkini. Dalam membangun sebuah jaringan komputer ada beberapa hal yang hams diperhatikan dan dipertimbangkan antara lain meliputi: struktur bangunan, jangkauan area jaringan, kecepatan akses, biaya operasional, pemeliharaan, hardware dan software yang digunakan dan sebagainya

No comments:

Post a Comment